Mengenal Jejak Asniati Muin, S.IP, M.Si, Caleg DPRD Soppeng Dapil 1 Kecamatan Lalabata
    Dibaca 1710 kali

SOPPENG,MEDIATANEWS.COM--Pemilihan Umum Legislatif 2024 (14 Pebruari 2024) tinggal menghitung hari, berbagai strategi kampanye bagi para calon legislatif (Caleg) hari-hari ini terus dipersiapkan dan dilakukan untuk meraih suara di daerah pemilihannya.


Salah satunya, adalah Asniati Muin, S.IP, M.Si, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Partai Gerindra Kabupaten Soppeng, siap maju dan berikhtiar sebagai Caleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Soppeng Nomor Urut 3 Dapil 1 Kecamatan Lalabata dari Partai Gerindra.

Dukungan dan dorongan dari sang ibu sebagi pedagang di PUSPER Soppeng menguatkan tekadnya untuk maju jadi Caleg. Selain itu dorongan dari suami, Dr. Muhammad Said, anak-anak, keluarga, dan teman temannya yang mendukung dan merestui.

“Insya Allah, dengan latar belakang pendidikan S1 Hubungan Internasional dan Magister Administrasi Pembangunan konsentrasi Kebijakan Publik UNHAS serta pengalaman 10 tahun sebagai penyelenggara Pemilu (anggota KPU Kabupaten Soppeng Periode 2008 – 2018), saya siap maju dan mengemban amanah jika dipercaya masyarakat” tegasnya.

Menurutnya, jejak rekam pendidikan dan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat menjadi modal utama dalam mengemban amanah melaksanakan fungsi anggota legislatif daerah : Menetapkan Peraturan,, Mengawasi pembangunan dan menetapkan anggaran daerah.

Asniati Muin, salah seorang perwakilan perempuan yang maju di dapil 1 Kecamatan Lalabata. Lahir 26 Juni 1977 di Kalenrunge Kabupaten Soppeng.

 

Menamatkan pendidikan dasarnya di SDN 6 Ujung Baru, SMP Negeri 3 Watansoppeng, dan SMA Negeri 1 Watansoppeng dan menjadi siswa teladan mewakili Kabupaten Soppeng untuk belajar di BPG Makassar.

 

Setelah menyelesaikan S1, dia kembali ke kampung dan memulai kariernya sebagai dosen STIA AL-Gazali, AMIK Lamappapoleonro (ketika itu) dan STISIP Petta Baringeng Soppeng sembari menyelesaikan pendidikan magisternya di UNHAS.

 

Bersama suami dan koleganya, dia mendirikan lembaga kursus Bahasa Inggris LP2KA SMART dan penggiat literasi “Komunitas Literasi Indo Becce” dan mengajar di lembaga tersebut hingga saat ini. 

Hari-harinya sebelum dan sesudah aktif di KPU Kabupaten Soppeng bergelut dengan dunia pendidikan non formal untuk anak-anak.

 

Tekadnya ingin turut serta meningatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Soppeng melalui pendidikan dan literasi yang berkualitas untuk anak-anak, desiminasi pengetahuan kesehatan ibu dan anak, dan peningkatan usaha-usaha kecil rumah tangga.

 

“Insya Allah, ini yang menjadi fokus perjuangan saya lebih luas lagi jika kelak dipercaya oleh masyarakat untuk menjadi anggota DPRD Kabupaten Soppeng”,  jelas Asniati Muin.    

 

Bagikan Berita Ini: