Jelang Lebaran Idul Adha, Prabowo Subianto Akuisisi 13 Radar Ground Control Interception
    Dibaca 319 kali

JAKARTA, MEDIATANEWS. COM-Menjelang perayaan hari kemenangan umat islam, yakni Idul adha Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto Akuisisi 13 Radar Ground Control Interception dari dari Thales, Prancis.

 

Hal itu diungkap melalui situs resmi Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) Biro Humas Setjen Kemhan Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha yang dikutip, Rabu 27 Juni 2023

 

“Diplomasi pertahanan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Prancis telah membuahkan hasil,” ungkapnya

 

“Hal itu diwujudkan dalam kontrak jual beli antara Kementerian Pertahanan Republik Indonesia dengan PT Len Industri (Persero) untuk pengadaan 13 unit sistem radar Ground Control Interception (GCI) GM-403 dari Thales, Prancis,” sambungnya.

 

Dengan upaya yang keras dari Pemerintah Indonesia melalui kementerian yang dipimpin oleh Prabowo Subianto kerja sama ini telah ditandatangani oleh Direktur Utama Len, Bobby Rasyidin, dan SVP Latin America dan Asia of Thales International SAS, Guy Bonassi, di Prancis beberapa waktu yang lalu.

 

“Kontrak ditandatangani pada tanggal 20 April 2022 dan pengiriman dilakukan dalam waktu 48 bulan setelah tanggal efektif kontrak. Selain itu, periode garansi untuk sistem radar ini adalah 36 bulan,” ucapnya .

 

Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Prabowo Subianto mengadakan kontrak pembelian dengan PT Len Industri (Persero) untuk memajukan industri pertahanan dalam negeri.

 

Sistem radar GCI sangat penting untuk memantau dan mengendalikan lalu lintas udara, memberikan peringatan dini terhadap ancaman udara potensial, dan memastikan keamanan ruang udara nasional.

 

Pengadaan 13 unit sistem radar GCI di Kementerian yang dipimpin oleh Prabowo juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk memodernisasi dan memperkuat kemampuan pertahanan negara, serta alutsista TNI.

 

“Keterlibatan PT Len Industri (Persero) dalam proses pengadaan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan industri pertahanan dalam negeri, meningkatkan kesempatan kerja lokal, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional,” lanjutnya

 

Thales, perusahaan teknologi global terkemuka, dikenal karena solusi pertahanan dan keamanannya yang canggih. Sistem radar GM-403 adalah sistem yang sangat mampu dan dapat diandalkan yang telah diterapkan di banyak negara di seluruh dunia.

 

“Pengadaan sistem ini oleh Indonesia mencerminkan komitmen pemerintah untuk memastikan keselamatan dan keamanan warga negara dan wilayahnya,” paparnya.

 

Sebelumnya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja dengan menemui Menteri Pertahanan Prancis Sebastian Lecornu di Paris.

 

Pada pertemuan tersebut, kedua Menhan membicarakan isu-isu strategis pertahanan dan peningkatan kerja sama pertahanan Indonesia-Prancis.

 

Kedatangan Prabowo disambut oleh pasukan yang berdiri tegak sambil menenteng senjata. Sambil berjalan masuk ke dalam gedung Prabowo sempat memberi hormat

Bagikan Berita Ini: