Kunker di Bumi La Temmamala Pangdam XIV Hasanuddin Kaget Disambut Secara Adat
    Dibaca 806 kali

Ketgam: Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen Andi Muhammad SH didampingi Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE dan Dandim Soppeng saat disambut secara adat di Bumi La Temmamala,Selasa 16/2/2022

 

SOPPENG,MEDIATANEWS.COM-- Ada rasa kaget terpancar jelas dari roman muka Panglima Kodam XIV Hasanuddin Mayjen TNI A Muhammad SH saat melakukan Kunjungan Kerja (KunKer) di Kabupaten Soppeng,Selasa 15/2/2022.

 IMG_20220215_125332

 

Pasalnya, kedatangan Panglima Kodam XIV Hasanuddin disambut secara adat layaknya penyambutan terhadap raja raja.

 

Saat menginjakkan kaki di tempat penyambutannya di Lapangan Tembak Kodim 1423 La Temmamala, Jenderal bintang dua berdarah Bangsawan Bugis ini disambut oleh Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE disertai dengan prosesi adat kerajaan.

 

Sebelum memasuki lapangan tembak, langkah kaki A Muhammad yang juga merupakan cucu raja Bone ke 32 Andi Mappanyukki harus terhenti karena terlebih dahulu harus menerima persembahan selamat datang dari sepasang laki laki dan perempuan yang berpakaian adat berupa sebatang rokok.

 

Selanjutnya, Pangdam menyaksikan puisi Osong atau pernyataan ikrar kesetiaan yang biasa dilakukan orang Bugis untuk mendukung penuh dan  membela harga diri para pemimpinnya.

 

Prosesi adat kemudian dilanjutkan dengan Tari Paddupa, sebuah tarian penyambutan bagi tamu agung.

 

Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE dalam sambutan penerimaannya mengungkap, bahwa penyambutan secara adat terhadap Pangdam dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Soppeng sengaja dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap sosok Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad SH yang juga keturunan bangsawan Bugis.

 

" Penyambutan ini sebagai bentuk penghormatan kepada Andi Muhammad SH, jarang jarang putra daerah seperti beliau bisa kembali mengabdi dan bertugas di tanah leluhurnya. Ini juga sebagai bentuk support dan kebanggaan bagi kami, semoga beliau bisa melaksanakan tugas sebagai Pangdam dengan baik dan sukses" ujarnya

 

Sementara, A Muhammad mengungkap bahwa dirinya tidak menyangka mendapatkan penyambutan seperti ini.

 

" Saya tidak menyangka akan disambut secara hangat dan dilakukan secara adat seperti ini" ujar A Muhammad sambil menyapa para petinggi Soppeng yang rata rata kerabat dekatnya

 

Ditambahkan oleh Andi Muhammad, penyambutan dengan prosesi adat seperti ini membuktikan bahwa Indonesia kaya dengan kearifan lokan dan keragaman budaya .

 

"Indonesia memang kaya dengan keragaman budaya, Semoga keragaman budaya dan kearifan lokal tetap kita lestarikan dan memperkuat ketahanan kita sebagai bangsa Indonesia" tandasnya

Bagikan Berita Ini: