DP Minta Manajemen RSUD La Temmamala Realisasikan 13 Butir Rekomendasi
    Dibaca 1471 kali

Jajaran Dewan Pengawas RSUD La Temmamala saat menyampaikan resume Monev di Cafe 888 Watansoppeng,Jumat 3/8/2017

 

SOPPENG,MEDIATANEWS.Com-- Untuk melaksanakan mekanisme pengawasan terhadap sistem dan produktivitas organisasi Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) La Temmamala, Dewan Pengawas (DP) RSUD La Temmamala Kabupaten Soppeng mengeluarkan 13 Butir Rekomendasi untuk ditindak lanjuti pihak manajemen RSUD La Temmamala.

 Hal ini terungkap saat jajaran Dewan Pengawas RSUD La Temmamala yang terdiri dari Nurmal Idrus SE MM (Ketua),Andi Haerani SKM M Kes, (Anggota),Drs HA Tenri Sessu MSi dan Drg Yuliana( Sekretaris) menyampaikan Resume Laporan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dihadapan sejumlah Jurnalis di Cafe 888 Watansoppeng, Jumat 3/8/2017

 

Menurut Nurmal Idrus, ke 13 Butir Rekomendasi ini wajib ditindak lanjuti oleh pihak manajamen

 

" Rekomendasi yang kami keluarkan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja pelayanan dan kinerja manfaat RSUD ini bagi masyarakat" ujarnya

 

Terkait kekuatan rekomendasi ini untuk d ditindak lanjuti oleh pihak manajemen,Nurmal menegaskan bahwa Rekomendasi yang dikeluarkan Dewan Pengawas ini bersifat wajib untuk dilaksanakan.

 

" Rekomendasi ini bersifat wajib untuk ditindak lanjuti pihak manajemen. Karena menurut UU No 44 Tahun 2009 dan PP No 49 Tahun 2013 yang melatar belakangi terbentuknya Dewan Pengawas ini. Pengawasan yang dilakukan tidak saja meliputi aspek keuangan, tetapi mencakup semua aspek yang berkaitan dengan kinerja pelayanan dan kinerja manfaat bagi masyarakat"ujarnya

 

Adapun ke 13 Butir Rekomendasi ini adalah

1. Agar RSUD La Tamala menyusun draf tolok ukur dan komponen kinerja untuk diajukan melalui DPKAD.

2.Pengimplentasian ITbelum sepenuhnya berjalan.

3. RSUD La Temmamala harus memberikan kemudahan atas prosedur dan persyaratan yang tidak berbelit bagi para pelanggan dan mempercepat pelayanan serta memberikan keadilan sesuai antrian kedatangan.

4.Petugas baik dokter maupun perawat utamanya di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Persalinan harus tetap meningkatkan keterampilan untuk menangani pasien gawat darurat.

5. Pelayanan di IGD perlu mendapat perhatian terutama dalam kesopanan,kesantunan dan keramahan.

6. Bank Darah harus dioptimalkan dan diintensifkan.

7. Penambahan. Dokter spesialis bedah,spesialis obgyn dan spesialis anak sangat dibutuhkan.

8. Menyiapkan semua peralatan medis ,laboratorium dan radiologi serta memastikan peralatan dapat dipergunakan dengan melakukan kalibrasi untuk menjamin akurasi yang dihasilkan oleh peralatan medis.

9. Pasokan daya listrik harus diperhatikan dengan baik.

10. Mengevaluasi ulang seluruh rencana pembangunan fisik tetapi tak masuk dalam perencanaan awal rumah sakit.

11. Merancang ulang sistem beban kerja sehingga diperoleh kebutuhan atas pekerjaan yang pas.

12. Sampaikan peringatan kepada cleaning servicenya jika faktor kebersihan di semua bagian belum dijalankan dengan baik.

13. Selain itu,Dewan Pengawas menyampaikan pendapat dan saran dalam 3 aspek yaitu Aspek Keuangan dan Pendapatan,Aspek Pelayanan dan Aspek Pengembangan SDM

 

Bagikan Berita Ini: