Di Tingkat PPK, Perolehan Suara Supriansa Di Nolkan di Dua TPS Dan Digeser ke Caleg Lain
    Dibaca 2164 kali


SOPPENG, MEDIATANEWS. COM-- Tak hanya di nolkan, perolehan suara Caleg DPR RI Supriansa SH MH di dua TPS ditemukan digeser ke caleg lain sesama kader Partai Golkar.

 

Pergeseran suara ini ditemukan setelah Tim Pengelola Data Supriansa mencermati hasil Rekapitulasi Pemungutan Suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan(PPK) yang telah rampung di delapan Kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng.

 

"Setelah memeriksa hasil Rekap PPK Kecamatan Marioriwawo dan Kecamatan Liliriaja, kami temukan di TPS 09 Mariorilau Kecamatan Marioriwawo, perolehan suara Supriansa yang tadinya 12 di salinan C 1 Plano tiba tiba menjadi 0 dan sebaliknya suara Taufan Pawe yang tadi nya 0 malah menjadi 12"

 

"Begitu juga di TPS 12 JennaE, perolehan suara Supriansa yang tadinya 37 di salinan C 1 Plano, tiba tiba menjadi 0 sementara caleg lain Andi Rista Irawati Tanrasula dari 0 malah bertambah menjadi 37" ujar Anci Maratang Tim Pengelola Data Media Center Supriansa.

 

Menurut Anci, setelah adanya temuan di dua kecamatan ini yang menghilangkan perolehan suara Supriansa sebanyak 49 suara , pihaknya terus menelisik hasil rekap PPK di enam kecamatan lainnya untuk mencocokkan data hasil rekap maupun data salinan C1 plano.

 

" Jangan sampai masih ada kejadian ini seperti ini di TPS TPS lain di enam kecamatan ini. Khawatirnya,kejadian seperti inindirencanakan secara terstruktur oleh pihak tertentu bukan hanya di Kabupaten Soppeng tetapi diseluruh kabupaten yang meliputi Daerah Pemilihan SulSel 2 untuk segaja merugikan caleg kami" ungkapnya.

 

Menanggapi masalah ini, Komisioner KPU Soppeng Divisi Data dan Penyelenggaraan Haswinardi yang dikonfirmasi via WA nya, Ahad 25/2/2024 mengatakan bahwa pergeseran suara di dua TPS ini murni terjadi karena Human Error tanpa unsur kesengajaan.

 

"Mungkin petugas yang menginput data ini sudah kelelahan sehingga salah menginput, yang mestinya perolehan suara masuk ke caleg no. urut 5 Partai Golkar, malah terinput ke Caleg no urut 4 dan no urut 6"

 

" Karena masalah ini ditemukan setelah selesainya rekapitulasi di tingkat PPK, maka soal ini nanti akan kami koreksi dan diperbaiki pada saat rekapitulasi di tingkat Kabupaten." tandasnya

 

 

 

 

Bagikan Berita Ini: