Uang Kertas Dinilai Beresiko Jadi Media Penularan Covid-19
    Dibaca 779 kali

Gambar Ilustrasi


SOPPENG,MEDIATANEWS.COM-- Penularan virus Covid 19 yang relatif sangat cepat membuat korban berjatuhan. Disamping penularannya disebut karena kontak langsung dengan penderita Covid,uang kertas juga disebut sebut beresiko menjadi sarana penularan virus yang mematikan ini.

 

Virus corona disebut bisa bertahan pada permukaan benda sekian jam termasuk uang kertas.

 

Mengutip dari VIVA.co.id, Pakar Kesehatan Publik, Prof. Dr. Hasbullah Tabrany MPH mengatakan uang kertas beresiko menularkan virus bila terkena percikan ludah orang positif Covid-19. Karena itu, setiap habis memegang uang disarankan untuk mencuci tangan.

 

"Makanya setelah pegang uang, pegang pintu, yang mungkin ada virusnya segera cuci tangan pakai sabun atau pakai alkohol atau hand sanitizer. Insya Allah bisa hilang," katanya.

 

Hasbullah meminta masyarakat yang rutin dan teratur mencuci tangan untuk tak terlalu khawatir. Sebab virus bisa bertahan selama dua hingga tiga jam di atas permukaan benda. Tapi virus akan mati terkena cairan yang mengandung alkohol atau detergen.

 

Ia juga menyarankan untuk menggunakan transaksi non tunai untuk menghindari penularan lewat uang kertas. Sehingga tak perlu ada kontak dekat dan risiko penularan. 

 

"Yang paling penting cuci tangan bersih pakai sabun, air mengalir dan kalau bisa pakai sanitizer atau alkohol yang campuran hidrogen peroksida. Itu akan membuat kita jauh lebih aman, tidak tertular," katanya.

 

Bagikan Berita Ini: