Bawaslu Lantik 70 PKD Se Kabupaten Soppeng
    Dibaca 856 kali

70 PKD Se Kabupaten Soppeng dilantik di Aula Kantor Dinas Pendidikan,Sabtu 14/3/2020


SOPPENG,MEDIATANEWS.COM-- Bawaslu Soppeng melantik sebanyak 70 Pengawas Kelurahan dan Desa se Kabupaten Soppeng di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng,Sabtu 14/3/2020.

 

Ketua Bawaslu Soppeng Winardi S Sos dalam acara pelantikan yang dirangkai dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) ini mengungkapkan bahwa pasca dilantik, PKD ini sudah punya tanggung jawab melaksanakan pengawasan di kelurahan dan desa masing masing.

 

"Pasca dilantik,PKD sudah punya tanggung jawab melaksanakan tugas pengawasan di kelurahan dan desa masing masing"

 

"Saya percaya suadara saudara mampu melaksanakan tugas ini dengan baik, bekerja sesuai dengan regulasi dan tupoksi yang diamanahkan dalam UU. Apalagi sebagian dari PKD (dulu PPL) ini sudah punya pengalaman dalam kontestasi seperti ini"ujarnya

 

Sementara,Komisioner Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan Amrayadi Arafah yang hadir dalam acara ini berpesan kepada seluruh PKD agar menjaga  Integritas, independensi dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas pengawasan.

 

"Jangan terlalu banyak berwacana dan pahami regulasi pengawasan. Seorang pengawas harus mengerti aturan,kita tidak ingin ada PKD yang menegur orang dilapangan,tapi saat ditanya apa dasar mereka dikatakan melanggar,PKD kemudian tidak bisa menjawab karena tidak tahu aturannya" ujarnya

 

Lebih jauh Amrayadi menguraikan bahwa meskipun ada tiga wewenang utama yang dimiliki Bawaslu yaitu pengawasan,pencegahan dan penindakan tetapi pihaknya lebih mengedepankan pencegahan dibanding.

 

"Saat ini kita lebih mengedepankan dan memaksimalkan pencegahan. Bawaslu dan PKD mesti mengidentifikasi potensi kerawanan Pilkada. Perbanyak sosialisasi meskipun sosialisasi bukan dalam bentuk formal"

 

" Saya berharap Bawaslu dan jajarannya tidak banyak tinggal di kantor,banyak banyaklah menggalang kelompok kelompok pemuda dan lain sebagainya untuk membantu kita sebagai pengawas partisipatif" urainya

 

Dalam Acara pelantikan PKD ini,Bupati Soppeng di wakili oleh Staf Ahli Bidang Politik dan Pemerintahan Setda Soppeng Suriasni.

 

Bagikan Berita Ini: