Kaswadi Ternyata Piawai Menceritakan Sejarah Soppeng
    Dibaca 3458 kali

Bupati Soppeng HA kKaswadi Razak SE  saat menceritakan  salah satu peristiwa sejarah di Soppeng di depan Wakilnya,Sekda Soppeng dan segenap unsur lainnya,Rabu 21/3/2018

 

SOPPENG, MEDIATANEWS.Com--- Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE selain punya kemampuan mengelola pemerintahan, ternyata juga menguasai seluk beluk sejarah Soppeng.

 

Hal ini terlihat saat acara tabur bunga di makam raja raja Soppeng di Jera' LompoE, Rabu 21/3/2018. Acara tabur bunga ini sendiri dilaksanakan dalam rangkaian Hari Jadi Soppeng ke 757 tahun.

 

" Awal mula munculnya jabatan Arung Bila di Soppeng di mulai saat Petta BuluE, mempunyai dua anak laki laki dengan karakter yang berbeda. Anak yang sulung mempunyai sifat yang bijak dan tutur kata yang lembut,sedangkan adiknya mempunyai sifat yang tegas"

 

" Karena menilai kedua anaknya layak menjadi pemimpin, akhirnya yang Sulung diangkat menjadi Arung Bila dan si Bungsu diangkat menjadi Datu Soppeng" ujar HA Kaswadi sambil sesekali menjawab pertanyaan Wakil Bupati Soppeng terkait sejarah yang diceritakan.

 

Kegiatan siarah ke makam raja raja Soppeng ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan setiap bulan Maret, oleh jajaran Pemkab Soppeng dalam rangka memperingati Hari Jadi Soppeng ke 757 tanggal 23 Maret 2018.

 

 

Bagikan Berita Ini: