Warga Tampaning Rayakan Pesta Adat Pattaungeng
    Dibaca 2007 kali

Ketgam: Maddaga salah satu permainan rakyat yang  dipertunjukkan di acara Pattaungeng Desa Tampaning,Minggu(30/10/2016

SOPPENG,Mediatanews.Com---Berbagai Macam atraksi kesenian dan permainan Rakyat mewarnai pesta adat Pattaugeng di Desa Tampaning Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng, Minggu (30/10/ 2016)

 

Pesta Adat Pattaungeng ini menurut tokoh adat masyarakat Tampaning H Herman ,digelar untuk mempererat hubungan silahturahim keluaraga Tampaning baik yang ada diperantauan maupun yang ada di kampung. Pattaungeng ini juga dimaksudkan sebagai ritual memohon keselamatan warga.

 

Pesta adat ini dimulai dengan pemotongan seekor kerbau berukuran besar yang harga jualnya menghampiri Rp. 40 juta- an. pemotongan kerbau ini merupakan satu rangkaian dengan berbagai macam atraksi kesenian dan permainan rakyat seperti maddaga,mattojang,mappadendang dan magguliling kampong.

 

Menurut Asiten Pemerintahan dan Kesra Setda Soppeng Drs Sarianto MSi yang hadir mewakili Bupati Soppeng, acara Pesta Adat semacam ini perlu dilestarikan dan dikembangkan.

 

" Dengan banyaknya kegiatan seperti ini, Soppeng sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang utama di Sulawesi Selatan akan bisa kita wujudkan" pungkasnya. (Agus Setiawan PH Rauf)



 

Bagikan Berita Ini: