Kaswadi: Soppeng,Kota Purba Dan Unik
    Dibaca 2149 kali

Mappadendang  salah satu acara dalam Festival Budaya Soppeng 2017 di Galung LangiE Desa Pesse Kecamatan Donri Donri,Sabtu 18/3/2017

 

SOPPENG,MEDIATANEWS.com-- Uang bukan segalanya galanya untuk memajukan kepariwisataan di Kabupaten Soppeng,yang penting ada kemauan tujuan itu pasti tercapai.Pasalnya, Soppeng punya daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Salah satunya, bukti fisik terkait jejak jejak kehidupan dari jaman purba.

 

Hal ini diungkapkan,Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak saat menghadiri pembukaan Festival Budaya Soppeng tahun 2017 di Dusun Galung LangiE Desa Pesse Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng,Sabtu 18/3/2017.

 

"Uang bukan segala-galanya untuk memajukan Pariwisata, yang penting ada kemauan untuk memajukan kepariwisataan.Apalagi, Soppeng merupakan daerah tua dan purba yang sangat unik dan memiliki bukti fisik yg dapat di pertanggungjawabkan" kata Kaswadi

 

Salah satu bukti kalau Soppeng merupakan kota purba diantaranya, penemuan situs prasejarah di daerah ini yang berlokasi di pesisir sungai WalennaE bernama situs Calio merupakan situs dengan koleksi dan benda purbakala yang sangat langka dan tidak terdapat di daerah lain.Temuan Arkeologis, yakni fosil hewan dan alat batu dari zaman paleolithikum. 

 

Fosil hewan terdiri dari dua jenis, yang pertama fosil gajah dari 3 spesies berbeda yakni  stegodonpensis,elephansonpensies dan trigonopallus.

 

Sedangkan yang kedua adalah fosil Babi spesies celebocnoerus. Keempat spesies hewan vertebrata tersebut pada dasarnya hanya ditemukan di Soppeng dan tidak ada di daerah lain di Sulawesi Selatan.

 

Kegiatan Festival Budaya Soppeng dan "Marrengngeng Bawi" ( berburu babi) ala tradisional  di Galung Langie Desa Pesse Kecamataan Donri-Donri akan berlangsung dari tanggal 18-19 Maret 2017.

 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Promosi Pariwasata Daerah (BPPD) Soppeng dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi Soppeng ke 756 tahun yang jatuh pada tanggal 23 Maret 2017 mendatang.

 

Turut hadir dalam acara ini Wakil Ketua I DPRD Soppeng, Kapolres Soppeng, para asisten, para kepala SKPD Camat Donri-Donri, Plt Kepala Desa Pesse, Eka Anas utusan Dinas Pariwisata Provinsi Sulsel dan para peserta Fotographi.(*)

 

 

Bagikan Berita Ini: