Berbagai Atraksi Unik dipentaskan Pada Festival Budaya Soppeng 2017
    Dibaca 2002 kali

Tari Maddaga Api oleh Sanggar Naurah dipentaskan di Festival Budaya Soppeng

 

SOPPENG,MEDIATANEWS.com -- Menonton sebuah Festival Budaya,itu artinya menonton berbagai atraksi dan pertunjukan yang berbasis tradisi, unik dan langka.

 

Dalam Festival seperti ini, biasanya penonton akan merasakan sensasi tersendiri karena tontonan yang mereka lihat adalah tontonan yang akan mengantar imajinasi penonton ke sebuah peradaban di masa lalu. Bukan tontonan biasa seperti yang gampang mereka dapatkan selama ini.


Hal ini juga terjadi saat Festival Budaya Soppeng Tahun 2017 di Galung LangiE Desa Pesse Kecamatan Donri Donri Kabupaten Soppeng, Sabtu -Minggu,18 - 19/3/2017.

 

Beberapa atraksi seperti Maddaga Api, Mappadendang,Silat Toya dan beberapa atraksi lain menjadi bagian pertunjukan dalam acara ini.

 

Festival Budaya Soppeng di Galung LangiE ini, disebutkan oleh Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak pada saat pembukaan Festival ini,Sabtu 18/3/2017 akan dijadwalkan menjadi agenda tahunan setiap menjelang Hari Jadi Soppeng.

 

"Festival Budaya ini akan menjadi agenda Tahunan, dan akan dikemas lebih meriah lagi,"Kata Andi Dulli sapaan akrab HA Kaswadi Razak

 

Sementara, Sarianto yang juga Asisten I Setda Soppeng yang dimintai tanggapan terkait Festival Budaya ini dalam kapasitasnya sebagai penonton,Minggu 19/3/2017 mengaku sangat terkesan dengan berbagai atraksi budaya yang dipentaskan dalam acara ini.

 

"Mempesona dan luar biasa.Saya yakin, atraksi unik penuh sensasi ini akan menjadi salah satu pintu masuk untuk menjadikan Soppeng sebagai destinasi wisata utama di SulSel" ujarnya

 

Adapun Kegiatan yang ditampilkan Badan promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Soppeng sebagai penyelenggara Festival Budaya 2017 yang dirangkai lomba Fotografi antara lain.

 

-Silat Toya utusan Kecamatan Lalabata
-Mappadengdang Utusan Kecamatan Ganra dan Kecamatan Marioriawa
-Tari Wali Sumange Sanggar Seni Naurah Belo, 
-Kelompok Musik Oni-Oni Toriolo Kecamatan Marioriwawo, 
-Tari Maddaga Api oleh Sanggar Naurah, 
-Massure' oleh Sanggar Samaturu E
-Tari Mappakaraja Sanggar Kawali Tetewatu Kecamatan Lilirilau, 
-Sanggar Merah Putih Musikalisasi Puisi, 
-Tari Pakkuru Sumange' Karang Taruna Leworeng Donri-Donri,
-Tari Kreasi Sanggar Panyellareng Dari Desa Pesse Kecamatan Donri‎.

 

Selanjutnya usai pementasan seni dilanjutkan dengan Marrengngeng Bawi (berburu babi hutan) di Teppo Tedongnge Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng yang dipimpin oleh Wakil ketua DPRD Soppeng HA Mapparemma.(*)

 

 

 

 

Bagikan Berita Ini: