Kakan Kemenag, Lomba Kebersihan Kelas Wujud Kepedulian Lingkungan Madrasah
    Dibaca 267 kali

Masih dalam rangkaian Peringatan Hari Santri Nasional 2022, Pondok Pesantren Yasrib Lapajung menggelar Lomba Kelengkapan dan Kebersihan Kelas, Selasa (01/11/22). Kemarin

 

Bersama tim penilai yang terdiri dari Kepala Seksi pendidikan Madrasah dan Pengawas Pendidikan Madrasah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng Afdal, S.Ag.,MM turut hadir dan menyaksikan proses penilaian lomba.

 

"Juara bukan satu-satunya tujuan, yang terpenting adalah bagaimana bisa menciptakan lingkungan madrasah yang bersih dan nyaman untuk seluruh warga madrasah serta membudayakan kebersihan. Apalagi agama Islam adalah agama yang sangat menyukai kebersihan karena bagian dari iman" ujar Kakan Kemenag dalam sambutan pembukaannya.

 

Yang terpenting adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran akan kebersihan kepada siswa/santri dan juga menjaga kebersihan di lingkungan madrasah dan Pondok Pesantren, tambahnya.

 

Menurut Kakan Kemenag perlombaan kebersihan dan kelengkapan kelas ini sebagai wujud kita bahwa kita adalah Islam beriman, karena kebersihan itu sebagian dari iman, ucapnya.

 

"Di dalam Al-Qur'an sendiri ada beberapa ayat yg menjelaskan tentang kebersihan salah satunya didalam surah Al-Baqarah yang artinya " Allah mencintai orang yang bertaubat dan yang mensucikan diri. Suci disini ada dua makna yaitu suci secara lahir dan suci secara batin," kata Afdal.

 

Diketahui lomba kelengkapan dan kebersihan kelas ini terbagi dalam dua tingkatan yakni Madrasah Tsanawiah dan Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Yasrib Soppeng.

 

Pada kegiatan tersebut juga di rangkaikan dengan penerimaan piala atas prestasi MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung yang telah maraih prestasi di ajang Drumband, juara umum 1 di tingkat Kabupaten dan juara umum 3 di tingkat Provinsi yg dilaksanakan di Jeneponto.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Hj. Nurahmi, SE., MM, Ketua Pokjawas Drs. Sudirman, M.Pd dan Pengawas Pembina Dra. Hj. Harnis, M.Pd.

Bagikan Berita Ini: