Dinas Pertanian Bojonegoro Berguru Inovasi di Soppeng
    Dibaca 47 kali

SOPPENG — Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Kabupaten Soppeng, menerima kunjungan dari Dinas Pertanian Bojonegoro. Sabtu(14/5/2022).

Kepala Dinas TPHPKP Soppeng Fajar mengatakan, kedatangan tim Dinas pertanian Bojonegoro dipimpin kepala Dinas Helmi Elisabeth.Dimana rombongan diterima secara resmi oleh Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide, di rumah jabatan.

Fajar menyebutkan, kunjungan tersebut guna berbagi pengalaman tentang Inovasi yang dikembangkan di masing masing daerah.

Selain itu, katanya, dalam mendukung program pertanian. Salah satu inovasi yang dipaparkan Kadis Pertanian Bojonegoro Program Pertanian Mandiri ( PPM), yang memberikan hibah uang kepada para petani yang memiliki garapan tidak lebih 2 Ha.

“Ini bisa digunakan petani untuk memenuhi kebutuhan pupuk , benih dan asuransi usaha tani padi,”pungkasnya meniru ucapan Helmi Elisabeth.

Kata dia, Inovasi tersebut diharapkan bisa menjadi solusi, akibat kurangnya ketersediaan pupuk subsidi.

“Selain inovasi PPM, juga diperkenalkan inovasi pelaporan luas tanam, panen dan produktivitas jadi pertanian yg bisa diakses setiap hari yg dikemas dalam progam ” Sitampa,”katanya.

Menurutnya, Dinas TPHPKP Soppeng memperkenalkan inovasi sistim pertanian terintegrasi ( Asbatik), perlindungan petani ( Sutasoma) , pengembangan pertanian organik ( Bola Tani ), sistem informasi ketahanan Pangan Daerah ( Sikapda).

“Dari hasil diskusi telah disepakati untuk saling mendukung dan membangun kerjasama dalam rangka pengembangan inovasi dimasa datang,”paparnya.

KadisTPHPKP Soppeng sendiri di dampingi Sekertaris Aryandin, Kabid tanaman pangan Suhardiman dan Korluh dari delapan kecamatan .

Sebelum meninggalkan Kabupaten Soppeng Kadis Pertanian Bojonegoro berkesempatan meninjau industri sutera alam di Kampung Sabbeta Desa Pising .

Bagikan Berita Ini: