Debit Air Turun Drastis, Pasokan Air Baku Perumdam Tirta Ompo Tersendat
    Dibaca 412 kali

Lokasi sumber mata air Ompo yang nyaris kering (Foto : Istimewa)

 

SOPPENG,MEDIATANEWS.COM-- Tidak seperti biasanya, meski telah memasuki musim penghujan, debit air sumber air baku di Ompo malah turun drastis.

 

Kondisi ini membuat pengoperasian pompa distribusi air ke pelanggan Perumdam yang berada di seputaran kota Watangsoppeng  mengalami gangguan dan tidak lancar akibat pasokan air yang tidak mencukupi.

 

Kasubag produksi Perumdam Tirta Ompo Syamsuddin yang dikonfirmasi Mediatanews.com, Jumat 26/11/2021 terkait soal ini, mengaku bingung dengan berkurangnya debit air di Ompo secara signifikan.

 

"Sudah satu bulan lebih kondisinya seperti ini, biasanya saat datang musim hujan seperti ini, pasokan air  di sumber mata air pasti melimpah. Ini malah sebaliknya" ujarnya

 

Menurut Syamsuddin, bukan hanya debit air yang berkurang,tetapi air yang keluar dari sumber mata air yang dulu selalu jernih malah sekarang menjadi keruh.

 

" Karena kondisi air tidak normal, pengoperasian pompa akhirnya juga tidak maksimal. Mestinya pompa dioperasikan bergilir selama 4 jam, tapi kadang hanya setengah jam mesin dioperasikan, airnya sudah habis"ujarnya

 

Sementara, A Agus Wittiri salah seorang konsultan lingkungan menyebut bahwa mata air di Ompo itu sebenarnya memang bukan sumber mata air murni, tetapi merupakan aliran sungai di bawah tanah bagian dari Sungai Lawo.

 

" Kemungkinan besar ada bagian yang runtuh dan menutup jalur sungai bawah tanah ini,sehingga pasokan airnya jadi seperti itu,apalagi air yang dulunya selalu bening berubah menjadi keruh. Harus segera dicarikan solusi sumber air baku potensial yang lain untuk pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat" tandasnya

 

 

 

Bagikan Berita Ini: