Terkait Pelantikan Sekda Soppeng, Mengapa Mesti Di Ompo ?
    Dibaca 2585 kali

HA Kaswadi Razak SE saat meninjau lokasi persiapan pelantikan Sekda Soppeng di Kawasan Wisata Alam Waduk Ompo, Jumat 15/12/2017

 

SOPPENG, MEDIATANEWS.COM--Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, pepatah ini nampaknya selalu diterapkan Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE saat melantik dan mengambil sumpah para pejabat yang ada di jajaran Pemerintah Kabupaten Soppeng.

IMG_20171215_172958_1513340299931

 

Hal ini terungkap saat Kaswadi meninjau persiapan pelantikan Andi Tenri Sessu Mappejanci sebagai Sekda Soppeng yang rencananya akan berlangsung di Kawasan Wisata Alam ( KWA) Ompo, Minggu 17/12/2017 mendatang.

IMG_20171215_173135_1513340349679_1

Lantas mengapa mesti di KWA Waduk Ompo? Menurut Kaswadi, pemilihan tempat ini sengaja dilakukan, karena kawasan Ompo dengan sumber mata airnya yang melimpah, punya cerita dan legenda tersendiri yang keberadaanya begitu penting bagi masyarakat Soppeng.

 IMG_20171215_163929_1513342491857

Seperti yang diceritakan dalam legenda, nama Ompo ini diambil dari cerita tentang seorang petani yang sedang membajak sawah dengan kerbau di sebuah kampung bernama Lawo (SoboE), namun saat bekerja di tengah sawah, tiba tiba petani ini tenggelam ke dalam lumpur dan menghilang bersama kerbaunya.

 

Tak lama kemudian, jasad petani beserta kerbaunya tiba tiba muncul (Mompo) di tempat lain bersama sumber mata air yang mengalir seperti aliran sungai dari dalam tanah. Karena muncul secara tiba tiba dari dalam tanah, maka itulah sebabnya daerah munculya petani dan kerbaunya ini di sebut Ompo. Kelak, sumber mata air ini lah yang menjadi sumber air minum warga Soppeng dan mengaliri ribuan hektar sawah para petani.

 

"Sennung sennungenna, disamping mempunyai makna bahwa Pelantikan Sekda ini dilakukan di sebuah Sumber Mata Air yang menjadi tumpuan hidup bagi banyak orang,juga untuk lebih memperkenalkan kawasan ini sebagai Kawasan Wisata Alam yang keindahannya tidak kalah dengan daerah lain" ujar HA Kaswadi

 

Sekadar diketahui, Pelantikan dan Pengambilan Sumpah para pejabat penting Kabupaten Soppeng, telah dua kali dilakukan di tempat yang punya nilai historis dan penting dalam perjalanan sejarah Kabupaten Soppeng ( Umpungeng yang dikenal sebagai Titik Tengah Indonesia dan LamungpatuE tempat pelantikan raja raja Soppeng). Pasca pelantikan pejabat di dua tempat tersebut, kedua nama daerah inipun kemudian melambung dan terkenal diseantero SulSel bahkan nasional, saat ini kedua daerah ini telah menjadi Daerah Tujuan Wisata Baru di Soppeng.

 

Bagikan Berita Ini: