Penuhi Kebutuhan Tembakau, Soppeng Datangkan 16 Ton Tembakau Perbulan Dari Sumedang
    Dibaca 1272 kali

 Ketgam: Mursalin  Ketua hi KTNA Soppeng

 

SOPPENG,Mediatanews.Com--Untuk memenuhi kebutuhan tembakau, produsen rokok di Soppeng mendatangkan tembakau dari Sumedang.

 

Tembakau setengah jadi untuk bahan baku rokok produksi Sumedang Jawa Barat laris manis di Kabupaten Soppeng. Terbukti 16 ton perbulan tembakau di pasok dari daerah tersebut.

 

Hal ini di ungkapkan Mursalin Ketua KTNA Kabupaten Soppeng di Kantor Dinas pertanian Selasa/26/2016.

 

Menurut Mursalin, data tersebut diungkapkan oleh Pemerintah Daerah dan Asiosiasi Petani Tembakau Kabupaten Sumedang pada saat studi banding baru baru ini di Sumedang Jawa Barat.

 

Untuk mengantisipasi banyalknya permintaan  bahan baku produsen rokok Soppeng tersebut petani tidak hentinya hentinya mempelajari pengelolaan untuk mendapatkan tembakau yang berkualitas demi menyamai produksi tembakau Sumedang untuk memenuhi permintaan itu.

 

"kita upayakan bagaimana 16 ton perbulan itu kita pasok dari petani kita sendiri, tentu harganya pun berbeda jika kualitasnya sama dengan tembakau Sumedang sehingga bisa meningkatkan pendapatan petani tembakau kita "jelasnya

 

Menurut Mursalin kondisi tembakau kita belum bagus karena persoalan bibit dan pengolahanya masih belum bagus.

 

" kita butuh bibit yang bagus dan Pelatihan SDM serta sarana dan cara pengolahan karena saat ini produksi tembakau kita kadar nikotin serta tarnya masih tinggi, untuk itu masih perlu diadakan demplok dan kajian agar kualitas tembakau kita bisa bersaing di pasaran"jelasnya.

 

Selain itu menurut dia, dana Dana Bagi Hasil Cukai Tipe (DBHCT) Kabupaten Soppeng harusnya menganggarkan minimal 50 persen untuk peningkatan bahan baku dan pembinaan industri sesuai dengan Permenkeu No.47/PMK.07/2016.

 

Saat inj pihak KTNA mencoba memfasilitasi pembentukan Asiosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Cabang Soppeng agar bisa di fasilitasi untuk pengujian tar,nikotin serta pemasaranya.

 

Di lain pihak Pemerintah pun memberikan perhatian khusus pada pengembangan produksi tembakau dimana sudah beberapa kali Bupati Andi Kaswadi Razak Dan Wakil Bupati Soppeng Supriansa mengumpulkan petani tembakau dan pengusaha Rokok serta melakukan studi banding demi mengembalikan kejayaan tembakau di Kabupaten Soppeng seperti di era tahun 70 an.

 

Penulis : Rudi Hartono
Editor. : Agus Setiawan PH Rauf

 

Bagikan Berita Ini: