Kuasa Hukum Tersangka ASM Sebut Kliennya Tak Berniat Merambah Hutan Lindung
    Dibaca 2343 kali

Abd Rasyid SH


SOPPENG,MEDIATANEWS.COM-- Langkah pihak Kepolisian Resort Soppeng yang  menetapkan Asmawi ( oknum Anggota DPRD Soppeng) sebagai tersangka bersama 2 warga lainya dalam kasus dugaan pembalakan liar di Kawasan Hutan Lindung di Desa Umpungeng Kecamatan Lalabata seperti yang dilansir MEDIATANEWS. COM, Selasa 3/8/2021 diitanggapi Abd Rasyid SH, Kuasa Hukum tersangka Asmawi.

 

Menurut Abd Rasyid yang dikonfirmasi Mediatanews. com,Rabu 4/8/2021,terkait penetapan kliennya sebagai tersangka oleh pihak penyidik Polres, pihaknya menghargai sebagai upaya penegakan hukum di Kabupaten Soppeng.

 

Namun, dirinya berharap penetapan tersangka terhadap Asmawi tidak ada tendensi politik dan pengaruh dari pihak manapun.

 

"Karena menurut hemat Kuasa Hukum Pemohon, apa yang dilakukan pak Asmawi sejatinya bukan tindak pidana, karena beliau sama sekali tidak ada niat untuk merambah kawasan hutan lindung"

 

"Asmawi menggarap tanah yang dia beli pada akhir tahun 2019, dan lunas.pada awal tahun 2020 dari seorang pengusaha bernama Hj. N."ujarnya

 

Menurut Abd Rasyid,
beban pidana tidak seharusnya bertumpu ditangan seorang pembeli yang beritikad baik (Asm), tapi juga kepada penjual.

 

"Andai dari awal ada larangan dari pemerintah desa maupun kehutanan maka itu tidak menjadi soal. Namun nyatanya, Pemerintah Desa turut membuat keterangan jual beli. Karena memang tanah tersebut memiliki Surat surat sejak tahun 1960-an, dimana pajak dibayar secara terus menerus sampai sekarang"

 

"Bahkan saya menilai, yng berpotensi melakukan kesalahan adalah pihak kehutanan yang memasang patok di atas tanah milik orang"tandasnya

Bagikan Berita Ini: