Bawaslu Soppeng Kembalikan Sisa Hibah Pilkada 2020 Sebesar Rp. 1 Milyar Lebih
    Dibaca 673 kali

Koordinator Sekretariat Bawaslu Soppeng Andi Anugerah B Mula, S. STP., M.Si

 

SOPPENG, MEDIATANEWS. Cm-- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Soppeng telah mengembalikan dana ke Kas Daerah Pemkab Soppeng sebesar Rp.1.058.676.040 (satu milyar lima puluh delapan ribu enam ratus tujuh puluh enam empat puluh rupiah).

 

Pengembalian dana ini merupakan sisa anggaran dana hibah yang tidak terealisasi dalam pelaksanaan Pilkada Soppeng 9 Desember 2020 lalu.

 

Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Soppeng Andi Anugerah B Mula, S. STP., M.Si yang dikonfirmasi di Kantor Bawaslu Soppeng, Jumat 30/4/2021 menggungkapkan bahwa dana yang dikembalikan ini merupakan sisa anggaran Dana Hibah Pemkab Soppeng sebesar Rp. 8 milyar untuk Bawaslu dan telah diaudit oleh BPK RI.

 

"Dana hibah dari Pemkab yang kita terima sebesar Rp.8 milyar, yang bisa terealisasi sebesar Rp.6.941.323.960. Sisanya sebesar Rp.1.058.676.040 telah kami kembalikan ke kas daerah" ujar Andi Anugerah

 

Menurut Andi Anugerah, situasi pandemi Covid 19 yang membatasi pertemuan tatap muka membuat pihaknya bisa menghemat anggaran sebesar Rp. 1 milyar lebih.

 

"Banyak item tatap muka yang kita hilangkan selama pandemi Covid 19, ini salah satu faktor yang membuat kita bisa menghemat anggaran sebesar Rp. 1 milyar lebih" tandasnvya

 

Sementara, Kepala BPKD Soppeng Drs Dipa MSi beberapa waktu menyampaikan bahwa diantara empat lembaga penerima Dana Hibah Pilkada, tiga diantaranya telah melaporkan penggunaan dananya masing masing Polres Soppeng, Kodim 1423 dan Bawaslu. Sementara KPU Soppeng hingga saat ini belum melaporkan penggunaaan dana hibah nya.

 

"Katanya masih ada rangkaian kegiatan KPU yang belum rampung, kemungkinan bulan Mei baru akan dilaporkan" ujar Dipa

 

 

 

Bagikan Berita Ini: