Tiba di Soppeng, Kaswadi -Lutfi Disambut Dengan Prosesi Adat
    Dibaca 808 kali

HA Kaswadi Razak SE - Ir Lutfi Halide MP disambut Dengan Tari Pakkuru Sumange' saat tiba di Rujak Bupati Soppeng,Sabtu 27/2/2021

 

SOPPENG,MEDIATANEWS.COM. COM- Usai dilantik menjadi Bupati /Wakil Bupati Soppeng oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah di Rujab Gubernur,Jumat 26/2/2021 kemarin.

compressed_177924189320210227_121731

HA Kaswadi Razak SE - Ir Lutfi Halide MP tiba di Soppeng Sabtu 272/2021 pagi ini.

 compressed_213388848720210227_120723

 

Kedatangan Bupati Soppeng/Wakil Bupati Soppeng terpilih hasil Pilkada 9 Desember 2021 disambut dengan prosesi penyambutan secara adat yang dimulai dengan Tari Pakkuru Sumange',Madduppa Lellu,Mangampo Benno,Mappaccokko Ri Baruga dan Mappangolo Lakka dan Bosara.

 

Tari Mappakkuru Sumange' sendiri merupakan sebuah tarian yang dibawakan oleh gadis gadis pilihan nan cantik sebagai sebuah simbol untuk memulihkan semangat.

 

Setelah Tari Mappakkuru Sumange' kemudian dilanjutkan dengan Madduppa Lellu atau semacam dipayungi dengan sebuah tenda kebesaran yang bertangkai yang masing masing tangkainya dipegang oleh laki laki remaja.

 

Selanjutnya, Mangampo Benno merupakan sebuah prosesi menghamburkan beras ketubuh HA Kaswadi Razak -Lutfi Halide sebagai simbol kegembiraan masyarakat terhadap kedatangan pemimpinnya.

 

Setelah itu, dilanjutkan dengan prosesi Mappaccokko Ri Baruga atau mentasbihkan untuk menaiki Baruga (Rumah Jabatan) sebagai pertanda bahwa rumah jabatan ini sudah bisa didiami secara resmi.

 

Prosesi secara adat ini di tutup dengan acara Mappangolo Lakka dan Bosara, atau menghadapkan usungan yang berisi berbagai makanan sebagai jamuan kepada pemimpin.

 

Makna dari acara ini adalah adanya kepercayaan dari masyarakat Bugis kalau sudah mencicipi makanan dan minuman orang lain, tidak ada lagi niat buruk untuk saling mencelakai, acara ini merupakan simbol rekonsiliasi dan saling memaafkan.

 

Penyambutan secara adat ini berlangsung secara meriah dan dihadiri berbagai elemen masyarakat Soppeng.

Bagikan Berita Ini: