Sejak 2019, Soppeng Raih Maturitas SPIP Level III Dari BPKP SulSel
    Dibaca 256 kali

Kepala Inspektorat Kabupaten Soppeng Andi Mahmud SE MM

 

SOPPENG,MEDIATANEWS.COM--Keinginan Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE dan target RPJMD Soppeng untuk meningkatkan Maturitas Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) mencapai level 3 (terdefinisi) pada tahun 2019 benar-benar terwujud.

 

Capaian itu sebagai salah satu bukti pengendalian satuan kerja telah terdokumentasikan dengan baik di Kabupaten Soppeng.

 

Maturitas Sistem SPIP adalah tingkat kematangan atau kesempurnaan penyelenggaraan sistem pengendalian intern pemerintah dalam mencapai tujuan pengendalian intern dan dinilai oleh BPKP SulSel dan BPKP Pusat.

 

Kepala Inspektorat Kabupaten Soppeng Andi Mahmud SE MM yang ditemui di ruang kerjanya,Kamis 18/11/2020 mengungkap bahwa dengan Maturitas SPIP level 3 diharapkan beberapa retemuan atas laporan keuangan pemda dapat diminimaisir. Sehingga dapat juga meminimalisir terjadinya KKN.

 

"Pak Bupati terus mendorong agar target ini bisa kita capai. Alhamdulillah berkat hasil kerja yang baik dari OPD-OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkup Pemkab Soppeng target ini bisa kita capai pada tahun 2019, belum banyak daerah di SulSel yang bisa memperoleh Maturitas SPIP level 3 di SulSel,hingga saat ini baru sekira 10 kabupaten/kota di SulSel yang mencapai Maturitas SPIP level 3 termasuk Soppeng salah satunya"ujarnya

 

Lebih jauh dijelaskan A Mahmud, "Adapun penilaian tingkat Maturitas penyelenggaraan SPIP meliputi unsur-unsur lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan yang dirinci menjadi 25 fokus penilaian maturitas."

 

"Masing-masing sub unsur mempunyai 5 indikator, sehingga terdapat 125 buah parameter Maturity Level SPIP yang disusun tergradasi dari terendah (belum ada) hingga tertinggi (optimum)" pungkasnya

 

 

Bagikan Berita Ini: