Lawan Kolom Kosong, Nurmal Ingatkan Kaswadi Waspadai Tingkat Partisipasi Pemilih
    Dibaca 1489 kali

DR Nurmal Idrus MM

 

SOPPENG, MEDIATANEWS. COM-- Pelaksanaan Pilkada di tengah suasana Pandemi Covid yang akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang, memantik kekhawatiran konsultan politik yang juga Direktur Nurani Strategik Dr Nurmal Idrus MM terkait rawannya posisi calon tunggal dengan berkurangnya partisipasi pemilih dalam Pilkada mendatang.

 

Nurmal menilai,  partisipasi pemilih dimungkinkan akan berkurang jika Petahana melawan kolom kosong apalagi ditambah dengan situasi pandemi dimana terlalu banyak aturan baru yang diterapkan di TPS.

 

"Dalam kondisi apapun, partisipasi itu akan banyak ditentukan oleh intensitas dan kualitas sosialisasi yang dilakuian penyelenggara dalam hal ini KPU. Selain itu, partisipasi pemilih akan ditentukan oleh kemampuan Paslon dalam menggiring pemilihnya ke TPS"ujarnya

 

Menurut Nurmal, dalam regulasi kotak kosong, maka ada dua hal yang mesti diatasi seorang calon tunggal. Pertama, memastikan bahwa dia tak terkalahkan oleh kolom kosong dan memastikan bahwa pemilu yang datang ke TPS lebih dari 50 persen dari total DPT

 

Sekadar diketahui, berdasarkan konstalasi politik yang berkembang di Kabupaten Soppeng saat ini, HA Kaswadi Razak SE (Petahana) dipastikan akan melenggang sendirian dan bakal melawan kolom kosong setelah pendaftar jalur calon perseorangan dinyatakan tertutup serta Kaswadi yang berhasil melakukan sapu bersih rekomendasi partai. 

Bagikan Berita Ini: