Sejumlah Pedagang Pasar Sentral Soppeng Tak Indahkan Seruan Kewajiban Pakai Masker
    Dibaca 1184 kali

Sejumlah  pedagang tidak menggunakan masker saat berada di tempat keramaian, Pasar Sentral Kabupaten Soppeng, Ahad (12/4/2020).

 

SOPPENG, MEDIATANEWS.Com– Seruan Pemerintah yang mengharuskan seluruh masyarakat untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah sesuai dengan imbauan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), nampaknya belum dipatuhi sebagian masyarakat Soppeng.

 

Padahal, WHO menyebut, penggunakan masker ini untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona (Covid-19).

 

Mediatanews.com saat melakukan pemantauan di Pasar Sentral Soppeng Ahad (12/4) siang melihat sikap waspada penyebaran Covid-19 kurang terlihat di lingkungan pasar terbesar di Kota Soppeng itu. Sebagian pedagang dan pengunjung tak menggunakan masker penutup hidung dan mulut.

 

Seorang pengunjung pasar bernama Isa mengatakan, dirinya tidak menggunakan masker untuk mengantisipasi penyebaran virus karena memang tidak punya Masker.

 

"Saya tidak punya masker, dimana mana tidak ada yang jual. Kalaupun ada yang jual, harganya mahal"


Selain itu, kata dia, orang orang seperti dia juga belum terbiasa untuk menggunakan masker sehari-hari. Menurutnya, kebiasaan itu sulit diubah.

 

“Namanya masyarakat kampung, saya tidak biasa pakai masker, kalau pakai masker pasti kita tidak bebas bernafas,” ujarnya.

 

Sementara, Kasat Pol PP Kabupaten Soppeng Andi Surahman yang dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan, pihaknya saat ini masih sebatas melakukan himbauan dengan penegasan agar yang bersangkutan untuk memakai masker saat keluar rumah.

 

“Untuk saat ini kami masih sebatas memberi himbauan dengan penegasan agar lain kali kalau keluar rumah merek harus memakai Masker. Soalnya,kalau kita mau mengambil tindakan tegas misalnya menyuruh mereka pulang, kita juga paham dengan kelangkaan masker yang terjadi saat ini" ujarnya.

 

Sebelumnya, terkait kelangkaan masker di daerah ini,Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE menyampaikan bahwa pihaknya sementara mengorder puluhan ribu masker untuk dibagikan ke masyarakat yang tidak punya masker.

 

"Insya Allah, mudah mudahan masker yang kita order ini bisa selesai dalam waktu dekat untuk dibagikan ke masyarakat yang tak punya masker" ujar Kaswadi beberapa waktu lalu.

 

 

Bagikan Berita Ini: