Si Katu, Maskot Pilkada 2020 Yang Di Launching KPU Soppeng
    Dibaca 1789 kali

FOTO: Launching Pilkada 2020 KPU Soppeng

 

SOPPENG,MEDIATANEWS.COM-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng, secara resmi menjadikan Si Katu sebagai Maskot Pilkada Soppeng 2020. Pengenalan Si Katu sebagai Maskot Pilkada Soppeng digelar dalam Launching Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Rabu 29/1/2020 malam di Triple 8 The Riverside Resort.

 

Pemilihan Si Katu (Kakatua) sebagai Maskot Pilkada merupakan presentas dari Burung Kakatua yang merupakan ikon dan Lambang Daerah Kabupaten Soppeng.

 

Dalam mitologi masyarakat Soppeng, burung Kakatua digambarkan sebagai pembawa pesan sehingga ditemukan Raja pertama Soppeng yang dikenal dengan nama La Temmamala,kehadirannya menjadi simbol keadaban,simbol solutif bagi masalah yang dihadapi,simbol kedamaian, simbol pemersatu,simbol keadilan dan simbol kemakmuran masyarakat Soppeng.

 

Ketua KPU Soppeng Muhammad Hasbi S Sos MSi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tema Pilkada Soppeng tahun 2020 ini adalah Pilkada Yang Berkeadaban

 

" Dengan mengangkat tema ini,kami berharap nilai nilai nasionalisme bisa dipadukan dengan nilai nilai kearifan lokal Sipakatau,Sipajainge,Sipakalebbi dan Sirampe Deceng"

 

"Kami mengharapkan Pilkada ini membahagiakan kita semua, kita tidak menginginkan Pilkada ini menjadi horor bagi rakyat tapi menjadi pesta demokrasi yang membahagiakan" ujarnya

 

Sementara itu, Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak SE dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Soppeng Andi Ibrahim Harta memaparkan apreseasi positif Pemerintah Daerah terhadap penyelenggaraan acara ini.

 

"Launching Pilkada hari ini saya nilai sangat penting dan strategis sebagai sumber motivasi yang kuat terhadap lahirnya tekad dan kesamaan tindak,baik dalam memberikan  pembelajaran politik kepada masyarakat, netralitas ASN,maupun indroensi TNI/Polri,KPU dan Bawaslu"

 

"Untuk itu saya berharap Pilkada mendatang bisa berlangsung dalam suasana yang penuh kedamaian,aman,tertib dan lancar sesuai harapan kita semua" ujarnya

 

Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Selatan Misna M Attas yang hadir dalam acara ini memaparkan  bahwa beberapa permasalahan yang muncul pada tahapan Pilkada 2015 serta Pileg yang belum lama ini diselenggarakan tentu saja akan menjadi catatan untuk memperbaiki segala kekurangan yang berkaitan pelaksanaan tahapan, baik dari sisi sumber daya manusia serta regulasi.

 

"Semuanya akan direview kembali terhadap seluruh masalah agar pelaksanaan tahapan bisa diatasi. 

 

"Dengan tahapan Pilkada yang sudah mulai berjalan  saya berharap masyarakat sejatinya memberi support penuh terhadap proses pelaksanaan Pilkada, dikarenakan ini kesempatan satu satu bagi masyarakat untuk terlibat langsung menentukan pemimpinnys lima tahun yang akan datang'urainya

 

Sebelum dilakukan launcing, sejumlah Forkopimda bersama KPU melakukan pemukulan gong secara bersama-sama. Hal itu menandai proses tahapan Pilkada serentak 2020 telah dimulai.

 

 

Bagikan Berita Ini: