Tutupi Kerugian Petani, Soppeng Target Asuransi Tani Hingga 2000 Ha
    Dibaca 1107 kali

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng Ir Fajar MSi

 

SOPPENG,MEDIATANEWS.COM-- Pemerintah Kabupaten Soppeng menargetkan luas lahan persawahan yang bisa ikut Asuransi Tani  sebanyak 2000 ha pada tahun 2019 ini.

 

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Soppeng Ir Fajar MSi saat ditemui di ruang kerjanya,Rabu 23/1/2019

 

"Asuransi Tani yang diluncurkan oleh Menteri Pertanian Amran Sulaeman beberapa waktu lalu bertujuan untuk menghindarkan petani dari kerugian selama berproduksi sehingga produktivitas pertanian tetap terjaga" ujarnya

 

Menurut Fajar, Asuransi ini menghindarkan petani dari kerugian karena dengan mengikuti Asuransi ini, tanaman petani akan diganti bila terkena musibah banjir atau terserang hama.

 

"Asuransi Tani ini memberi perlindungan kepada petani, dengan membayar Rp.36 ribu per ha, kalau tanaman mereka kena banjir atau hama, Asuransi ini akan memberikan ganti rugi yang cukup memadai".

 

"Tahun lalu,baru sekira 312 ha yang ikut Asuransi ini, kesemuanya berada di Kecamatan Donri Donri,mereka sudah merasakan dampaknya saat terkena banjir dan mendapatkan penggantian dari pihak asuransi ini. Untuk tahun ini, kita mengharapkan sebanyak 2000 ha sawah yang bisa ikut Asuransi Tani ini" ujarnya

 

Dari penjelasan Fajar diketahui, Asuransi Tani ini dikelola PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) dan merupakan wujud program Presiden Jokowi yang menginginkan pemerintah selalu hadir di sisi petani.

Bagikan Berita Ini: