MAHASISWA PENGGERAK MODERNISASI
    Dibaca 1189 kali

Oleh : A Irfandi

 

Seperti kita ketahui bahwa mahasiswa adalah seorang yang menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi dan di situlah tempat untuk mengolah dan mengembangkan bakat yang dimiliki sekaligus menjadi manusia yang berilmu.

 IMG-20181128-WA0006

Mengenai fungsi dari mahasiswa itu sendiri adalah sebagai penyampai kebenaran yang mampu mengkritik dan memberi solusi jika keadaan sosial bangsa sudah tidak sesuai lagi dengan apa yang diharapkan.

 

Sebagai agen perubahan, mahasiswa dapat diharapkan menjadi salah satu harapan bangsa agar bisa berubah kearah lebih maju.

 

Mahasiswa dapat dipercaya karena dianggap memiliki daya pikir intelektual yang bagus serta analogi berpikir yang cukup bagus.


Sebagai generasi penerus masa depan dalam artian Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa untuk mengganti atau memperkuat generasi yang sudah tidak bisa lagi diandalkan lagi demi membangun generasi kehidupan yang lebih moderenisasi.

 

Mahasiswa disini harus mempunyai mental baja yang tangguh dan dapat dihormati serta disegani.


Mahasiswa yang berada di perguruan tinggi pasti memiliki suatu tujuan. Dalam artian tujuan dari pendidikan itu apa yang bisa kita dapat? Nah, mengenai pendidikan itu bagi mahasiswa tujuannya pasti adalah menjadikan mahasiswa bisa memiliki pengetahuan, beretika, berahlak dan bermoral yang didapat dalam sebuah pendidikan itu pastinya.

 

Namun, dengan hal itu tujuan utama pendidikan bagi mahasiswa itu adalah bagaimana mahasiswa mengembangkan potensi yang dimilikinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT dengan akhlak yang baik, kreatif dan terampil. Ilmu yang telah didapat nantinya bisa bermanfaat demi untuk kemajuan bangsa dan peradaban umat manusia.

 

Dari semua hal tersebut mahasiswa bisa mengembangkan semua hal yang didapat dalam sebuah pendidikan dan menjadikan mahasiswa yang bisa bersaing dengan kompetitif dalam masa depan yang akan datang nantinya dan tentunya juga dengan pendidikan menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan sosial yang akan timbul di kalangan masyarakat.


Terlepas dengan pendidiikan bagi mahasiswa tentunya juga memiliki suatu kondisi yang dimana kondisi tersebut Kreatifitas menghilang dikarenakan ketidakpedulian dengan keadaan sekitar.

 

Seperti mahasiswa yang sibuk dengan tugas-tugas kampus yang diberikan oleh dosennya. Mahasiswa seharusnya sudah mampu memenuhi karakteristiknya yaitu karaktristik yang diperolehnya dengan kemampuan untuk berpikir logis.

 

Seperti kita ketahui, nantinya mahasiswa akan bersentuhan langsung dengan masyarakat dan ketika kemampuan bersosialisasi tidak dikembangkan , maka itu akan berakibat buruk pada perkembangan mahasiswa sekarang. Organisasi sangat berperan penting untuk cara berpikir mahasiswa dengan menjadikannya lebih menjadi sosialis dan menumbuhkan ide-ide kreatif.

 

Namun kenyataan sekarang, kehidupan mahasiswa saat ini telah dipengaruhi oleh budaya konsumtif dan perkembangan teknologi bias mengurangi perhatian mereka pada rakyat yang dilanggar haknya seperti mahasiswa yang kadang menghabiskan waktunya dengan bermain facebook, Twitter, Instagram atau bermain game.

 

Padahal jika saja waktu itu diluangkan untuk melakukan diskusi yang membicarakan solusi permasalahan bangsa ini kedepannya tentunya akan lebih berfaedah dengan permasalahan-permasalahan yang ada.


Terlepas dengan kondisi mahasiswa sekarang maka kondisi ideal dari mahasiswa yaitu pembawa perubahan untuk bangsa dan memiliki idealisme dan integritas yang tinggi.

 

Maka dari itu mahasiswa mempunyai tanggungjawab yang besar akan masa depan bangsa yang lebih baik. Untuk itu, haruslah memunculkan sebuah idealisme yang dibutuhkan sebagai penunjang bangsa dan negara.

 

Seorang mahasiswa ideal adalah beriman, bersemangat, banyak membaca, memiliki orientasi yang jelas dan tentunya bermanfaat bagi orang lain. Ketika ada satu saja mahasiswa yang bersemangat, maka semangat itu akan berkobar mempengaruhi orang lain juga.


Maka dari itu mahasiswa sebagai penggerak bangsa haruslah memiliki progress kedepannya demi untuk menata bangsa dan negara ini lebih maju lagi.


Seorang mahasiswa pasti juga memiliki suatu tantangan di masa sekarang karena seperti kita ketahui mahasiswa di jaman sekarang ini bukan hanya dituntut untuk pintar dari segi intelektual, melainkan juga haruslah jaringan yang luas.


Oleh karena itu, tantangan mahasiswa adalah bagaimana bias memperkuat jaringan di luar kampus. Apalagi sekarang kita dihadapkan pada persaingan dan kompetisi yang cukup ketat yaitu dengan persaingan kompetisi global, dengan hal itu mau tidak mau mahasiswa sebagai generasi pelopor masa depan harus cukup tangguh melawan benturan kompetisi yang ada.

 

Mengenai peran mahasiswa menurut saya mahasiswa sebagai agen pembawa perubahan untuk bangsa ini seharusnya memiliki peran yaitu dengan mampu berpikir kritis dan kreatif untuk membuat suatu perubahan nyata dengan membenahi segala sistem yang salah.

 

Mahasiswa setidaknya bisa menjadi jembatan antara masyarakat dengan pemerintah, dan bisa menyampaikan aspirasi masyarakat kepada pemerintah.


Mahasiswa harus juga memiliki suatu akhlak yang baik dan bisa mengantikan generasi-generasi berikutnya yang tetap pendirian pada idealismenya sebagai mahasiswa yang sebenarnya karena kita ketahui mahasiswa merupakan aset dan harapan bangsa di masa depan.


Setidaknya,mahasiswa mampu membuat suatu terobosan bagi kemajuan kampus, daerah, bangsa dan negara dengan berpikir secara logis dan objektif. Saya berharap mahasiswa bisa belajar keras demi untuk masa depan diri sendiri, orang lain, masyarakat dimana mereka tinggal dan beraktivitas dan masa depan negara dan bangsa.

 

Dan semua hal tersebut harus dilakukan dengan landasan iman dan takwa kepada Allah SWT.

 

* Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas DakwahDan Komunikasi UIN Alauddin Makassar

 

 

Bagikan Berita Ini: