Sekda Soppeng Perkenalkan Gerakan SoBAT Di Level Nasional
    Dibaca 949 kali

Sekda Kabupaten Soppeng Drs HA Tenri Sessu MSi saat memaparkan  Gerakan SoBAT Di Jakarta, Kamis 10/5/2018


SOPPENG,MEDIATANEWS.COM-- Sekretaris Kabupaten Soppeng yang juga Ketua Pokja Kabupaten Soppeng Drs Andi Tenri Sessu MSi
mewakili Bupati Soppeng mempaparkan beberapa hal pada kegiatan Pemberdayaan dalam menyusun SSK dan Implementasi Pembangunan Sanitasi tahun 2018,Kamis 10/5/2018.

 IMG-20180513-WA0180

Dalam acara ini, Sekda Soppeng memaparkan  kondisi awal sanitasi di Kabupaten Soppeng, bagaimana gerakan SoBAT disiapkan sampai pada komitmen Bupati Soppeng dalam menuntaskan Buang Air Besar Sembarangan di Kabupaten Soppeng tahun 2018 serta bagaimana skenario penuntasannya.

 IMG-20180513-WA0183

Menurut Tenri Sessu, Pokja Kabupaten Soppeng diundang oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memperkenalkan Gerakan SoBAT ( Soppeng Bebas Ancaman Tinja) di depan Aparatur Pemda, Pokja AMPL/Sanitasi Provinsi, Kabupaten/Kota dan Tenaga Ahli Fasilitator dari beberapa perwakilan Provinsi  seluruh Indonesia sebagai peserta Pemberdayaan dalam menyusun SSK dan Implementasi Pembangunan Sanitasi tahun 2018.


"Acara ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Kementerian Pekerjaan Umum yang dilaksanakan di Soll Marina Hotel Jl. Raya Serpong KM.7 Tangerang Selatan" ujarnya


Pada kesempatan itu pula, Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng menjelaskan bahwa program LLTT (Layanan Lumpur Tinja Terjadwal) telah berjalan di Kabupaten Soppeng sejak dideklarasikan pada pada tanggal 27 Maret 2018 yang lalu dengan dimulai dari penyedotan Kepala OPD dan Eselon 2 lainnya seseuai instruksi Bupati pada saat deklarasi.

 

Dalam presentasinya,  H. Andi Tenri Sessu menyampaikan terima kasihnya kepada pihak USDP yang telah mendampingi Kabupaten Soppeng sehingga bisa melaksanakan Gerakan SoBAT sampai saat ini.

 

Selain itu pula, Sekda Kabupaten Soppeng juga memberikan titik berat pada komitmen Kepala Daerah HA Kaswadi Razak, SE sebagai pucuk pimpinan di Kabupaten Soppeng untuk sanitasi layak dan berkelanjutan dan kemudian ditindak lanjuti dengan kerja bersama beberapa OPD yang tergabung dalam Pokja Sanitasi sebagai kunci kenapa gerakan SoBAT bisa berjalan sampai saat ini.

 

Berbagai tanggapan positif peserta tentang beberapa inovasi dalam gerakan SoBAT, seperti tanggapan peserta dari Jawa Timur yang menanyakan lebih detail tentang penginputan mandiri online dan pemetaan proyek percontohan pada program LLTT yang menggunakan aplikasi sederhana dan tidak berbayar.


Saat menutup presentasinya, Sekda Soppeng juga menyinggung tentang Selfi, peserta Liga Dangdut wakil Prov Sulsel asal Soppeng dan mengajak peserta pelatihan untuk mendukung Selfi dengan mengetik SMS Lida (spasi) Selfi dan mengirim ke 97288.

Bagikan Berita Ini: