Lestarikan Budaya Lokal, Pemuda Leworeng Gelar Lomba Maggasing
    Dibaca 940 kali

SOPPENG,MEDIATANEWS.COM-- Dalam rangka melestarikan budaya lokal dan menyemarakkan Hari Jadi Soppeng ke 757 yang jatuh pada tanggal 23 Maret 2018 lalu,Pemuda Desa Leworeng Kecamatan Donri-Donri menggelar lomba permainan tradisional Maggasing.

 

Lomba permainan Maggasing ini rencananya akan dilaksanakan pada hari Rabu 28 Maret 2018 pukul 14.00 wita sampai selesai di perbatasan Desa Leworeng-Desa Tottong.

 

Ketua Panitia Perlombaan Maggasing ini, Sahrul Ramadhan (Boby) Kepada Mediatanews.Com,Minggu 24/3/2018 menjelaskan bahwa kegiatan lomba Maggasing ini dilaksanakan,untuk melestarikan permainan permainan tradisional yang saat ini mulai punah.

 

"Perlombaan ini terbuka untuk umum,kami tidak membatasi peserta karena siapa tahu ada peserta dari kabupaten tetangga yang berminat untuk ikut"ujarnya

 

Boby juga menjelaskan, bahwa secara umum Maggasing dimainkan oleh kaum laki-laki, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa,tetapi dalam pertandingan ini hanya ada dua kelas yakni, kelas anak-anak dan kelas dewasa.

 

"Dalam konteks tersebut betul -betul mengutamakan keahlian seseorang dalam bermain Gasing. Dalam permainan ini, pemain yang dapat mengeluarkan Gasing lawan dari lingkaran dianggap sebagai pemenang"


"Niilai ketangkasan dan kecermatan tercermin dalam usaha mengeluarkan Gasing lawan dari arena (lingkaran permainan). Tentunya ini membutuhkan ketangkasan dan kecermatan. Sebab jika tidak, sulit untuk mengeluarkan Gasing lawan dari dalam arena"pungkas Boby.

 

 

Bagikan Berita Ini: