Nelayan Marioriawa Gelar Ritual Adat Maccera Tappareng
    Dibaca 2199 kali

Masyarakat Nelayan Marioriawa Gelar Pesta Adat Maccera Tappareng di Danau Tempe,Sabtu 5/8/2017

 

SOPPENG,MEDIATANEWS.Com—Masyarakat Nelayan di Kecamatan Marioriawa gelar ritual pesta adat Maccera Tappareng di Danau Tempe,Sabtu 5/8/2017

 


Attase (63) seorang nelayan yang di dikalangan nelayan digelar Matoa Pakkaja atau pemimpin para nelayan menuturkan, pelaksanaan Maccera Tappareng merupakan acara tahunan dan hanya dilaksanakan di dua tempat di Soppeng yaitu di Kelurahan Limpo majang dan Kelurahan Kaca.

 

" Acara Maccera Tappareng oleh kaum nelayan  ini, memang hanya dilaksanakan di dua lokasi di Soppeng, yakni di Kelurahan Limpomajang dan Kaca, dua lokasi itu berada dalam wilayah Kecamatan Marioriawa. Acara yang setiap tahun dilaksanakan nelayan ini  hanya dilakukan oleh para leluhur di dua wilayah itu,karena di dua wilayah ini ada dua Matoa Pakkaja,” beber Attase, Sabtu, (5/8/2017)

 

Lebih jauh, Attase menuturkan acara pesta adat Maccera Tappareng ini merupakan tradisi kaum nelayan yang sudah turun temurun dilaksanakan dan hanya dilaksanakan di Anitue Kelurahan Kaca serta Salo Mate Kelurahan Limpomajang Kecamatan Marioriawa.

 

Cerita lain yang diungkap Attase dibalik pesta adat Maccera Tappareng,, yakni adanya semacam ritual yang disebut Massorong Ulu Tedong dan Bembe (Kepala kerbau dan Kambing).

 

Pria yang sudah lama menyandang gelar Matoa Pakkaja iti melanjutkan, acara ritual Massorong Ulu Tedong dan Bembe itu merupakan bagian terpenting dalam rangkaian acara itu.

 

Attase mengatakan bahwa tradisi itu sudah lama sekali dilangsungkan kaum nelayan di wilayah itu. Nelayan menganggap acara pesta adat itu adalah bagian dari nilai-nilai warisan para lelehurnya yang harus mereka jaga dan lestarikan.

 

Nelayan di Soppeng itu juga meyakini bahwa acara pesta adat Maccera Tappareng atau menyucikan danau itu, adalah salah satu bentuk refleksitas para nelayan dalam mengakui kebesaran Allah SWT yang telah menciptakan danau dan segala isinya itu.

 

Penulis : Lukman
Editor. : Agus Setiawan PH Rauf

 

 

 

Bagikan Berita Ini: