Medde Diresmikan Jadi Kampung KB Di Kecamatan Marioriawa
    Dibaca 1448 kali

SOPPENG,MEDIATANEWS.COM-- Kampung Medde Dusun Tampaning Desa Patampanua diresmikan sebagai lokasi pencanangan Kampung KB di Kecamatan Marioriawa,Jumat 19/5/2017.

;

Menurut Sekretaris Camat Marioriawa Nurkhamsi, berdasarkan hasil Identifikasi tim, dusun ini memiliki kriteria tertentu yang diharapkan akan menjadi model miniatur keterpaduan pelaksanaan program kependudukan.

 

Lebih lanjut diungkapkannya" jumlah pencapaian akseptor KB di Kecamatan Marioriawa sampai dengan Desember 2016, yaitu dari jumlah pasangan usia subur 4 789 orang yang menjadi akseptor aktif sebanyak 3 748 orang PUS dan tingkat pencapaian peserta akseptor MKJP sebanyak 302 orang. Non MKJP ( suntik, pil dan kondom ) 3 249 orang diharapkan peserta non MKJP dapat beralih ke MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang)" tuturnya.

 

Sementara Asisten III Setda Soppeng Kamaruddin yang mewakili Bupati Soppeng dalam sambutannya mengungkapkan bahwa program kependudukan keluarga merupakan salah satu agenda prioritas pembangunan Nasional (Nawcita) khususnya Agenda prioritas ke 3 membangun Indonesia dari pinggiran dalam memperkuat Daerah-Daerah dan Desa dalamr rangka Negara Kesatuan, Agenda prioritas ke 5 meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, dan Agenda ke 8 revolusi karakter bangsa melalui pembangunan kependudukan dan Keluarga Berencana.

 

"Salah satu bentuk dari program ini adalah pembentukan Kampung KB yang mrupakan tindak lanjut arahan Bapak Presiden Republik Indonesia agar manfaat program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Terutama pada wilayah padat penduduk, tertinggal dan wilayah nelayan di seluruh tanah air. Program KB agar lebih fokus kepada masyarakat kurang mampu dan masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan"urainya

 

Dengan pencanangan KB diharapkan agar partisipasi masyarakat, peran pemerintah serta swasta dalam melaksanakan program-program kepedudukan.

 

Di tempat yang sama,Andi Mappamadeng, sekertaris Dinas KB Kabupaten Soppeng yang kepada Mediatnews terkait kampung KB ini mengungkapkan.

 

"Semua kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng sudah memiliki Kampung KB dan peresmiannya hampir rampung" tandasnya

 

Bagikan Berita Ini: