Jelang Akad Nikah, Puteri Kaswadi Lakukan Prosesi Dio Majang (Siraman)
    Dibaca 3611 kali

HA Kaswadi Razak (Bupati Soppeng) saat melakukan prosesi Dio Majang terhadap Puteri tercintanya  A Sutera Dewi Kaswadi di Laburawung Sabtu/13/5/2017.

 

SOPPENG,MEDIATANEWS.Com-- Prosesi adat Bugis Dio Majang/Cemme Passili (Siraman) mewarnai rangkaian perkawinan puteri HA Kaswadi Razak (Bupati Soppeng) Andi Sutera Dewi Kaswadi yang akan dipersunting A Ekqy Zack Bidin Syaeful Mamma, pada tanggal 14 Mei 2017.

 IMG-20170513-WA0038

Dio Majang itu sendiri merupakan prosesi Adat Bugis yang dilaksanakan sebelum akad nikah dilangsungkan. Tujuannya, selain sebagai simbol untuk membersihkan diri dari hal hal yang tidak baik sebelum memasuki gerbang rumah tangga,juga menjadi sarana untuk menjalin kebersamaan dan silaturahim antara pihak keluarga mempelai dengan masyarakat.

 

Acara Dio Majang saat ini sudah sangat jarang dilaksanakan di tanah Soppeng, penyebabnya ditengarai karena pengaruh budaya luar dan meluntur karena pengaruh modernisasi.

 

Pelaksanaan Dio Majang ini dilangsungkan dikediaman HA Kaswadi Razak di Laburawung, Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng,13 Mei 2017 dan dihadiri ribuan masyarakat Soppeng.


Acara ini dipandu langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata A.Unru Mappajanci. Prosesi Dio Majang ini di mulai oleh kedua orang tua calon mempelai yaitu H.A.Kaswadi Razak, SE dengan Ibu Hj.Nurjannah, SE dan dilanjutkan oleh keluarga yang terdekat.

 

Salah seorang warga yang hadir di acara ini mengaku bangga atas acara adat ini.

 

" Saya sangat senang dan mendukung acara ini karena dapat melestarikan budaya bangsa" ungkap H Kani Musa yang hadir bersama masyarakat lainnya dari Cenrana,Kelurahan Salokaraja Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng.

 

Bagikan Berita Ini: