Dapat Nilai C,Pemkab Soppeng Termotivasi Untuk Berbenah
    Dibaca 1654 kali

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Soppeng Drs Sarianto MSi

 

SOPPENG,Mediatanews.Com---Meski mendapat Nilai C atas Laporan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LEAKIP) Pemerintah Kab/Kota tahun 2016 dan Visit serta Coaching Clinic Regional Wilayah lll di Jogyakarta Expo Center (JEC) tgl 5 s/d 8 Pebruari 2017.Pemkab Soppeng tetap legowo dan menjadikannya sebagai motivasi untuk terus belajar dan berbenah.

 

Hal ini diungkapkan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Soppeng Drs Sarianto MSI saat mewakili Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak dalam acara penerimaan sertifikat LEAKIP di Yogyakarta,Senin 6/2/2017

 

”Kita legowo dengan nilai tersebut. Ini justru mendorong kita untuk terus berbenah. Hasil ini akan saya sampaikan ke bupati yang dalam kesempatan ini tidak bisa hadir langsung menerima piagam karena ada acara,” ujarnya

 

Menurutnya, predikat C tersebut tak membuatnya kecil hati namun menumbuhkan semangat untuk ke depannya menaikkan grade.

 

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya sudah melirik pemerintah daerah yang mendapat predikat baik. Rencananya, usai pulang ke Kabupaten Soppeng akan konsolidasi dengan bupati untuk menggagas rencana kunjungan ke pemerintah daerah yang mendapat predikat baik.

 

”Antara Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sama Pemerintah Kabupaten Bantul yang akan kita kunjungi,” tandasnya.

 

Sementara dalam arahannya pada acara ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Asman Abnur, mendorong agar kepala daerah tak memiliki gengsi untuk belajar kepada pemerintah daerah yang memiliki prestasi lebih baik dalam Laporan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LEAKIP).

 

”Kepala daerah jangan gengsi untuk belajar kepada pemerintah daerah yang sudah baik. Silahkan study banding. Kalau bahasa saya study tiru,” ujar Menpan-RB, Asman Abnur, Senin (06/02/2017).

 

Pihaknya pun mencanangkan hingga tahun 2019 semua pemerintah daerah sudah mencapai nilai B. Tentunya nilai tersebut tak akan dicapai jika pemerintah daerah tak memiliki kemauan untuk merubah karena perubahan itu tergantung komitmen.

 

Pemda yang sudah mencapai nilai A seperti Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan Kota Bandung, Jawa Barat serta nilai B hingga BB seperti Kabupaten/kota di DIY agar menjadi mitra Pemda yang lain untuk berbenah. Namun demikian, semua juga tergantung pada kepala daerahnya.(*)

 

Bagikan Berita Ini: